Dampak yang bermakna

Dampak tentu berkaitan dengan pengaruh. Pengaruh bisa saja berasal dari satu faktor atau beberapa faktor yang terakumulasi. Pengaruh juga bisa dalam bentuk berwujud (tangible) atau tanpa wujud (intangible).

Dalam bidang ekonomi misalnya, dampak bisa datang dari perubahan kebijakan yang kemudian berakibat pada tingkat kepercayaan pelanggan atau bahkan jumlah pengangguran.

Dalam bidang penelitian, dampak suatu penelitian biasanya diukur dari apakah suatu laporan penelitian dapat tampil di sebuah jurnal penelitian terkemuka. Dampak lain yang mungkin penting adalah apakah hasil sebuah penelitian kemudian membawa perubahan perilaku pada tingkat individu hingga masyarakat.

Bila berdiskusi lebih jauh tentang dampak dan dinamikanya, salah satu yang penting sebenarnya bukan hanya pada berapa banyak orang yang menerima perubahan, namun sedalam dan seluas apa perubahan terhadap kualitas kehidupan yang terjadi.

Lebih jauh lagi, yang penting diperhatikan bukan hanya apakah suatu dampak memiliki skala, tetapi apakah dampak tersebut memiliki makna.