Rand Fishkin, sejumlah pendapat tentang pemasaran melalui konten

Salah satu orang yang populer dan disegani di internet adalah Rand Fishkin. Ia adalah pendiri MOZ. Ia sering berbagi pengetahuan tentang SEO dan pemasaran melalui konten (content marketing). Ini catatan saya dari beberapa video yang meliput pendapatnya:

Tetapkan harapan Anda secara tepat untuk pemasaran melalui konten (content marketing). Tipe pemasaran ini prosesnya membutuhkan waktu panjang. Keuntungan yang nyata baru datang setelah Anda berproses sekian lama dalam berbagai skenario. Anda perlu membuat dan mengembangkan konten, mempelajari konten apa yang disukai oleh audiens, mempromosikannya, dan berupaya meraih lebih banyak lagi audiens.

Berinvestasilah pada konten yang diciptakan melalui empati terhadap apa yang diinginkan orang. Kadangkala jenis konten yang orang ingin dapatkan dari Anda adalah konten yang berbeda dari yang ingin Anda buat. Jadi Anda harus bersiap untuk membuat konten untuk audiens Anda, bukan untuk kepentingan Anda semata.

Konten yang Anda hasilkan tak bisa berdiri sendiri. Ia perlu dikembangkan melalui social media, search engine optimization (SEO), dan saluran pemasaran lainnya, seperti email marketing atau paid promotion.

Salah satu mitos di dunia pemasaran lewat konten adalah Anda bisa segera memperoleh hasil. Contoh mitos ini: Anda menulis post di blog dan mempublikasikannya, lalu orang-orang yang membaca konten tersebut dan akan langsung mendaftar guna mendapat email newsletter Anda, bergabung di akun social media Anda, dan segera menghubungi Anda untuk membeli produk atau layanan Anda.

Temukan orang-orang yang dapat mempromosikan konten Anda. Anda harus menciptakan suatu konten yang membuat komunitas atau sejumlah orang bersedia menyebarluaskannya. Konten yang Anda ciptakan tidak selalu berujung pada pembelian, tapi utamanya untuk membangun relasi.

Identifikasi sumber-sumber traffic. Dari semua saluran yang ada, identifikasi mana yang mendatangkan traffic bukan hanya pada kompetitor Anda, tapi juga pada kelompok orang yang mencari informasi mengenai jenis produk/layanan/konten yang Anda miliki.

Sumber:

VM Measures, Rand Fishkin

Entrepreneur, Beyond Keywords: Tips for Writing Great Content That Ranks Well in Search

Eric Enge, The Greatest Lie Content Marketing Ever Told

Entrepreneur, Why You Need to Think Beyond Google When It Comes to SEO