Definisi pemasaran melalui konten

Fenomena penggunaan pemasaran melalui konten (content marketing) sebagai salah satu metode untuk memasarkan produk dan jasa semakin berkembang cepat. Bahkan metode ini tak hanya dipakai untuk mengenalkan dan mempromosikan sebuah bisnis tapi juga menjadi alat promosi individu dan komunitas.

Berikut beberapa definisi tentang pemasaran melalui konten yang dihimpun dari sumber yang biasa saya kunjungi.

Wikipedia
Pemasaran melalui konten adalah setiap pemasaran yang melibatkan penciptaan dan upaya berbagi media dan konten yang dipublikasikan dalam rangka untuk memperoleh dan mempertahankan pelanggan.

Contently
Pemasaran melalui konten adalah praktik yang menyeluruh terhadap penggunaan informasi dan hiburan untuk mempromosikan sebuah merek atau produk.

Content Marketing Institute
Pemasaran melalui konten adalah teknik pemasaran untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang bernilai, relevan, dan konsisten guna menarik dan memperoleh khalayak yang telah didefinisikan secara jelas -bertujuan untuk menggerakkan tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Quick Sprout
Pemasaran melalui konten adalah strategi memproduksi dan mempublikasi informasi yang membangun kepercayaan dan otoritas di antara pelanggan ideal Anda. Cara untuk membangun hubungan dan komunitas, sehingga orang merasa setia kepada Anda dan merek Anda.

Copyblogger
Pemasaran melalui konten adalah penciptaan dan upaya berbagi konten gratis yang bernilai untuk menarik dan mengkonversi prospek menjadi pelanggan, dan pelanggan menjadi pembeli ulang. Jenis konten yang Anda bagi berkaitan erat dengan apa yang Anda jual; dengan kata lain, Anda mendidik masyarakat sehingga mereka mengetahu, menyukai, dan mempercayai Anda untuk kemudian melakukan bisnis dengan Anda.

Saat ini, konten mungkin lebih berpengaruh daripada cara pemasaran tradisional lainnya, terutama karena sifatnya yang real time. Lewat konten yang bernilai dan relevan, Anda dapat menunjukkan otoritas dan membangun sebuah identitas yang kuat.