Pemindahan konten arfanbacatulis

Merawat sebuah blog tak mudah. Perlu kedisiplinan mencari ide, mengolah ide itu, lalu mewujudkannya menjadi tulisan yang secara reguler diunggah di blog.

Saya lebih sering menulis di blog ini sehingga saya jarang memperbaharui blog saya yang lain, arfanbacatulis, blog yang merupakan media saya berlatih menulis dengan format kurasi konten. Karena itu, saya merasa lebih baik saya memindahkan sebagian besar posting-nya ke blog ini.

Berikut ini adalah kumpulan kurasi konten dari blog arfanbacatulis tentang pemasaran lewat konten (content marketing), desain, produktivitas, data, dan kreativitas.

15 Quick and Easy Productivity Super-Hacks for Busy Bloggers
Pooja Lohana berbagi tentang kiat bagi para blogger untuk tetap produktif menulis. Salah satu yang ia sarankan adalah mem-posting ulang konten evergreen, konten yang tetap menarik dibaca dari waktu ke waktu. Contohnya adalah studi kasus dan tutorial. Kiat lain yaitu adalah mendelegasikan promosi dari konten yang Anda buat. Carilah orang yang bertugas menyebarluaskan konten Anda di media sosial. Fokuslah pada tugas yang memang benar-benar butuh perhatian Anda.

What We Learned Analyzing 595 Buffer Blogposts: A Complete Content Audit and Spreadsheet Template
Kevan Lee menganalisa 595 posting di blog Buffer. Salah satu langkah awal sehubungan dengan audit konten yang ia sarankan adalah membuat sebuah audit spreadsheet. Beberapa data kunci yang dikumpulkan ke dalam spreadsheet di antaranya adalah keyword dan jumlah pencarian. Pengumpulan data semacam ini memiliki tujuan untuk peringkat dari sekian keyword, setinggi apa peringkat masing-masing keyword, dan sejauh mana tingkat signifikansi masing-masing keyword itu terkait traffic yang ada. Setelah tahu mana posting bog yang menduduki share paling tinggi, beberapa langkah lanjutan bisa dilakukan untuk optimasi. Beberapa di antaranya adalah membuat images baru yang memikat untuk dibagi serta menambahkan email signup calls dan Buffer signup calls di bagian-bagian yang relevan pada artikel.

The 6-Step Process to Building Better Relationships With a Data-Driven Approach to Outreach
Selena Narayanasamy berbagi pengetahuannya bagaimana membangun outreach team sejak awal dengan penelitian berbasis data dan penargetan yang tepat. Salah satu kiat yang disebutkan adalah mengidentifikasi relasi yang potensial. Membangun hubungan tidak mudah. Anda tak sekadar mencari dan menemukan enam orang saja yang potensial tapi Anda juga harus membuat koneksi yang tepat. Sebagai contoh, bila kita memiliki klien, tempat awal yang terbaik adalah mempelajari situs klien Anda. Telusuri siapa yang merespon konten Anda, atau menyebutkan link dari situs Anda. Kemudian, pelajari juga situs para pesaing Anda. Siapa yang berkomentar atau aktif menanggapi konten situs mereka.

The 7 Things Writers Need to Make a Living
Selama karier penulisannya, Sonia Simone mengidentifikasi beberapa kemampuan yang menjadikan seorang penulis dapat menghasilkan uang dari tulisannya. Di antaranya adalah latihan dan kepercayaan diri. Yang pertama, penulis menghasilkan tulisan yang bagus tak sekadar dapat menata kata yang bagus, ia juga seorang yang memiliki strategi karena tulisannya harus menarik perhatian dan menonjol dari tulisan serupa lainnya. Untuk mencapai itu, penulis perlu melatih diri. Sementara yang kedua, yakni kepercayaan diri datang salah satunya dari kesediaan si penulis untuk melakukan riset agar tulisannya menunjukkan bobot keahlian.

How to Create Massive Value Content & Blow Your Readers’ Minds
Pooja Lohana memberikan panduan mengenai bagaimana membuat epic content, konten sangat bernilai di blog Anda. Salah satu cara yang ia tuliskan adalah memilih tipe post. Tipe tersebut dapat berbentuk artikel panjang, studi kasus, atau tutorial. Pooja juga menyarankan agar Anda membuat satu halaman yang disebut halaman “Mulai Dari Sini”. Di halaman itu, Anda menyajikan beberapa tulisan/post terbaik Anda.

ProBlogger in Perth: 10 Things Darren Wishes He Knew About Blogging
Jenish Pandya menuliskan ringkasan pengetahuan tentang blogging yang ia dapatkan dari presentasi Darren Rowse di PBevent, Perth. Dalam presentasinya, Darren memberikan sejumlah tip dari pengalamannya membangun blog. Dua di antaranya adalah pertama, Anda perlu mengenali siapa pembaca blog Anda. Kedua, jenis konten yang membuat blog sukses adalah konten yang memberi informasi, menjadi inspirasi, dan menciptakan interaksi.

The Big List of 189 Words That Convert: Write Copy That Gets Your Customer’s Attention Every Time
Kevan Lee menyajikan data yang besar mengenai kata atau frase yang berpengaruh dan membuat perbedaan penting bagi penulisan konten di internet. Kata yang dipilih secara tepat sangatlah penting. Kata yang dipilih secara khusus dapat menarik perhatian Anda, dapat menggugah emosi Anda. Para peneliti menemukan satu contoh yaitu ketika menggambarkan sebuah kecelakaan mobil, pemakaian kata antara “contacted” vs. “smashed” memberi gambaran yang berbeda bagi saksi mata yang menyaksikan peristiwa.

15 indispensable content marketing tips
Graham Charlton menuliskan beberapa kiat mengenai praktik pemasaran melalui konten yang diambil dari laporan Econsultancy. Di antaranya adalah saran untuk selalu membawa notebook agar segera merekam ide yang muncul karena ide bisa saja datang di waktu yang terduga. Saran lain adalah membuat format berbeda terhadap konten yang dimiliki atau yang sudah dipublikasikan, misalnya dari artikel menjadi infografis atau video.

Design Process
Ed Lea memaparkan proses ketika ia melaksanakan projek desainnya. Langkah awal dari rangkaian proses itu adalah mendefinisikan permasalahan. Menurut Ed, penting untuk berkomunikasi dengan para stakeholder, developer atau semua anggota tim. Selain itu, menentukan konteks mengapa sesuatu dibuat memberikan kesempatan munculnya solusi-solusi yang tepat.

8 Bad Habits that Crush Your Creativity and Stifle Your Success
Dean Rieck menulis post mengenai kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menghambat kemunculan kreativitas Anda. Salah satu dari kebiasaan tersebut adalah ketakutan terhadap kegagalan. Ia memberi contoh legenda bisbol Babe Ruth, salah satu hitter terbaik sepanjang masa, berkali-kali juga gagal dengan mengalami strike out. Ruth mengalami kedua hal: berhasil dan gagal. Mengambil lebih banyak kesempatan, memperbesar peluang Anda untuk lebih sering sukses.

How much my novel cost me
Emily Gould menulis esai panjang mengenai perjalanannya menjadi menulis novel. Ia bercerita bagaimana situasi keuangannya yang memburuk, hubungan dengan orang dekatnya, dan kisah binatang peliharaannya mewarnai perjalanannya sebagai penulis. Ia juga menyampaikan bahwa beberapa hal yang ada di internet menimbulkan hambatan baginya untuk dapat berkonsentrasi secara berkelanjutan ketika mewujudkan suatu karya bernilai.

Personality in Design
Aarron Walter menyatakan bahwa tujuan utama desain yang melibatkan emosi adalah untuk memfasilitasi komunikasi antarmanusia. Saat mendesain, pertimbangkanlah bagaimana kita berinteraksi dengan manusia lain di dalam kehidupan nyata sehari-hari. Ingatlah apa yang membuat kita bersemangat atau tertarik ketika bercakap-cakap dengan seseorang. Masukkan apa yang kita rasakan (emosi) dari percakapan tersebut ke dalam desain yang kita buat.

Why data visualization matters
Julie Steele berpendapat bahwa tak semua visualisasi data sama. Cat air, pensil, kapur, dan film dapat menghasilkan tangkapan dunia dengan cara, penekanan, dan tujuan yang berbeda. Keragaman jenis visualisasi data adalah jenis pengkodean dua arah yang merupakan transportasi untuk berpindahnya database ide-ide dan informasi ke dalam otak Anda.

The 14 Keys to Writing Advertorials That Sell
Demian Farnworth menulis tentang tujuan penulisan advertorials adalah membuat pembaca melakukan suatu tindakan khusus. Contoh tindakan itu adalah mengunduh sebuah file pdf atau mendaftar untuk mendapat informasi lewat email. Advetorial bisa dalam bentuk panduan atau sajian informasi lewat video.Umumnya bentuk advetorial yang efektif adalah yang cerita.

The Productivity Cycle
Alex Sexton menulis tentang kapasitas kognisi dan bagaimana dapat fokus ketika mencipta atau membangun suatu hal. Salah satunya adalah perlunya tidur siang, meski ini tak mudah diterapkan. Gunakan waktu liburan Anda sebaik mungkin untuk "mengisi ulang energi”

3 Signs Your Employee Survey Stinks
Mark Murphy menyatakan bahwa survei karyawan dapat menjadi alat ampuh untuk menunjukkan cara-cara paling efektif bagaimana memotivasi dan memunculkan hal-hal yang paling bersemangat dari dalam diri seseorang. Dengan itu, para karyawan bisa bertumbuh-berkembang, juga bisa merasa memiliki apa yang mereka telah kerjakan. Namun, umumnya, survei karyawan itu tak rinci mengungkap kesulitan-kesulitan karyawan dalam mengerjakan tugas dan pencapaian karier.

How to add value in your online influencer engagement
Marshall Kirkpatrick memberi kiat tentang bagaimana dapat menjalin hubungan yang bernilai. Anda perlu memberi apa yang dibutuhkan orang-orang, salah satunya adalah menjadi sumber informasi. Bila Anda menjadi sumber utama yang penting (bahkan yang pertama) dari informasi tertentu, orang tak bisa mengabaikan Anda.

Waiting for the Next Great Technology Critic
Ulasan dan kritik mengenai teknologi merupakan informasi dan masukan penting bagi khalayak. Dua orang yang dijadikan rujukan banyak kalangan mengenai consumer technology adalah Walt Mossberg dan David Pogue. Keduanya akan meninggalkan media tempat mereka biasa menulis. Matt Buchanan menulis posting tentang harapan munculnya generasi selanjutnya yang menggantikan dua orang tersebut. Konsumer saat ini tak lagi hanya berurusan dengan apa yang harus dibeli, tapi juga bagaimana teknologi membantu dan mempengaruhi kehidupan mereka.

The Short and Sweet Guide to Being Fucking Awesome
Banyak hal yang bisa dijadikan patokan untuk mengukur "kemajuan" dalam hidup, misalnya uang, karier, tingkat popularitas dan lain sebagainya. Menurut Julien Smith, cukup satu hal untuk bisa mencapai hal tersebut dan itu adalah menjadi mengagumkan.

10 Ways to Develop a Mastery Mindset
Apakah dengan menggunakan semua kemajuan teknologi dan menerapkan berbagai alternatif metode berpikir dan tindakan membuat seseorang lebih cepat menjadi ahli, terutama bila hal tersebut berkaitan dengan bisnis. Mungkin saja. Namun, Pamela Slim berpendapat kalau sekadar cepat tak lantas membuat seseorang mencapai tingkat keahlian secara mendalam.

The Surprising Conversion Power of Priming and Conformity
Ketika seseorang telah membuat komitmen, ia mau tak mau harus berupaya untuk bisa diandalkan atau memiliki konsistensi. Demian Farnworth melihat komitmen dan konformitas adalah hal yang mempengaruhi perilaku.