User eXperience, Jesse James Garrett di USI Events

Jesse James Garrett, dalam USI Events, 25-26 Juni 2012, di Paris mempresentasikan topik User eXperience. Salah satu bagian dari presentasi tersebut menarik untuk disimak.

Jesse menceritakan kisah tentang pernyataan Steve Jobs pada tahun 1984 mengenai apa yang harus dilakukan untuk menciptakan produk yang orang tak bisa hidup tanpanya.

Steve Jobs berkata:

“... But the really great person will keep on going and find the key, underlying principle of the problem. And come up with a beautiful elegant solution that works.”

Bagi Jesse, pernyataan Steve Jobs tersebut merupakan filsafat, pola pikir, cara berpikir, dan pendekatan dalam pengembangan sebuah produk yang bergerak melampaui sekadar teknologi dan fitur.

Jesse kemudian mencoba membedah kalimat itu bagian demi bagian.

Indah (beautiful): daya tarik estetik (aesthetically appealing). Sesuatu yang indah tentu saja adalah sesuatu yang menurut kita memiliki daya tarik dan memikat indra kita.

Elegan (elegant): memaksimalkan kesederhanaan (maximizes simplicity). Ketika kita mengatakan produk yang elegan artinya menghilangkan kompleksitas.

Pemecahan masalah (solution): menunjuk pada kebutuhan yang sesungguhnya (addresses a genuine need). Membuat produk atau jasa yang merupakan solusi terhadap kebutuhan yang dimiliki orang.

Berfungsi (that works): dapat digunakan oleh penggunanya (can be used by its user). Produk yang berhasil adalah produk yang dapat digunakan oleh para penggunanya.

Bila kalimat-kalimat di atas itu dipadukan yang diperoleh adalah pendekatan yang melampaui teknologi dan fitur, cara memberi nilai pada pengguna (user) dan memberi nilai melalui pengalaman yang tercipta ketika orang menggunakan sebuah produk.