Cara mendapat ide secara cepat

Kreativitas seringkali jadi faktor penentu yang menjadi keunggulan sebuah produk, jasa, atau bahkan untuk membangun merek personal seseorang. Tapi bagaimana cara agar kita selalu kreatif. Dari mana kita bisa terus-menerus memperoleh gagasan? Adakah cara yang cepat untuk mendapat ide?

Berikut beberapa cara berdasar pengalaman saya yang dapat Anda coba untuk mendapat ide secara cepat.

Datang ke tempat baru. Bepergianlah. Kunjungi tempat baru. Lihatlah suatu tempat untuk pertama kalinya dan eksplorasi informasi apa saja yang ada di tempat tersebut.

Membuat sesuatu untuk pertama kali. Anda mungkin tak pernah mendalami fotografi atau memasak, tapi tak ada salahnya mencoba meski dengan bantuan panduan atau contoh. Tujuannya bukan pada hasil tapi pada prosesnya.

Memperbaiki sesuatu yang rusak. Bila melihat sesuatu yang rusak, coba perbaiki. Dengan melakukan perbaikan, misalkan itu sebuah benda, Anda akan mempelajari dan memahami bagaimana cara kerja atau kaitan antara satu bagian dengan bagian lainnya di dalam benda tersebut.

Berkenalan dan bercakap-cakap dengan orang baru. Mengenal dan berinteraksi dengan orang baru membuka kemungkinan kita memperoleh pengetahuan dan cerita baru untuk pertama kalinya.

Mengamati orang di lingkungan aslinya. Observasi orang di tempat naturalnya, di tempat biasa ia beraktivitas.

Ajukan pertanyaan atau minta umpan balik dari orang lain. Dengan internet, kita bisa memperoleh saran dan jawaban secara cepat dan kadang dalam jumlah yang banyak. Kita dapat membuat pertanyan, permintaan feedback, atau survei melalui email, forum, social media, dan situs-situs tempat bertanya (misal: Yahoo Answer).

Cobalah cara-cara di atas. Jelajahi semua potensi di dalam diri dan semua kemungkinan di luar diri Anda.