Pentingnya konten visual

Pemasaran lewat konten (content marketing) di era digital ini merupakan praktik pemasaran yang terus berkembang. Selain isi dari gagasan, informasi, atau berita, format menjadi praktik aspek penting dari pemasaran lewat konten. Saat ini, format visual adalah salah satu format yang populer dipakai untuk praktik pemasaran tersebut.

Tahun 2013 yang lalu, konten visual dalam bentuk infografis, image, dan video banyak diterapkan oleh para pemasar. Popularitas Pinterest dan Instagram, juga inovasi dan kreativitas visual dalam desain blog atau website pribadi hingga organisasi menunjukkan terapan kekuatan konten visual ini.

Mengapa konten visual berkembang pesat?

Scott Signore, CEO Matter Communication menyatakan bahwa konten visual memiliki sumbangan yang besar terhadap keterlibatan pelanggan terhadap suatu brand.

Google melalui riset yang mereka lakukan memperlihatkan data bahwa rendahnya kompleksitas visual dan tingginya tingkat familiaritas dari desain menghasilkan daya tarik yang tinggi bagi para pengunjung sebuah website.

Bisa jadi banyaknya informasi dan singkatnya waktu untuk menangkap dan mengolah informasi dalam kehidupan sehari-hari menyebabkan kita menjadi lebih memperhatikan visualisasi yang menarik.

Ini artinya desain atau tampilan visual punya pengaruh penting, salah satu di antaranya adalah pada bagaimana kesan yang muncul dan terbentuk saat pertama kali kita melihat suatu hal.