Lanskap: manusia, alam, dan budaya

Lanskap bukan hanya tentang tata tanaman, pemeliharaan bangunan, atau pengaturan tata ruang. Lanskap juga merupakan hubungan antara manusia dengan alam atau lingkungan serta kebudayaannya.

Berdasar Wikipedia (terjemahan bebas penulis):

"Lanskap terdiri dari fitur yang terlihat dari luas lahan, termasuk elemen-elemen fisik dari bentuk daratan darat seperti gunung, bukit, tubuh air seperti sungai, danau, kolam dan laut, elemen-elemen hidup dari daratan termasuk vegetasi asli, elemen-elemen manusia termasuk berbagai bentuk penggunaan lahan, bangunan dan struktur, dan elemen-elemen transitori (fana) seperti kondisi pencahayaan dan cuaca.

Menggabungkan kedua hal, yakni asal-usul fisik dan hamparan budaya dari keberadaan manusia, yang telah diciptakan dari proses selama ribuan tahun, lanskap mencerminkan sintesis hidup masyarakat dan tempat penting untuk identitas lokal dan nasional. Lanskap-lanskap, karakter dan kualitasnya, membantu menentukan citra diri suatu daerah, makna tempat yang membedakannya dari tempat-tempat (wilayah) lain. Ini adalah dinamika latar belakang dari kehidupan masyarakat."

Dari Wikipedia bahasa Indonesia:

"Landskap atau bentang darat merujuk pada susunan daerah tanah dan representasi visualnya, khususnya seperti yang digambarkan dalam lukisan. Dalam hal fisik, istilah lanskap menyatakan penafsiran visual atas susunan tanah, karena ini adalah cara utama di mana lanskap dirasakan."

Selain itu, arti lanskap berdasar KBBI Online adalah:

"lanskap n 1 tata ruang di luar gedung (untuk mengatur pemandangan alam): saya membuat desain-desain --; 2 jumlah total aspek setiap daerah, baik pedesaan maupun kota;
-- alam lanskap yg belum pernah dijamah oleh manusia;
-- kultur lanskap yg telah dipengaruhi oleh manusia"

Untuk memperluas pengetahuan tentang beragam unsur landskap, khususnya berkaitan dengan Indonesia, berikut beberapa sumber yang dapat disimak:

Greenweb ID: Situs berisi tulisan-tulisan mengenai alam, konservasi, dan teknologi.

Mediarights: Situs berisi lanskap media Indonesia.

Artikel yang membahas lanskap politik dan ekonomi Indonesia: Lanskap Ekonomi-Politik Jelang Pilpres dan Lanskap Baru Politik 2014.

Artikel yang membahas dunia digital di Indonesia: Konferensi SES: Lanskap Digital Indonesia Paling ‘Menggiurkan’ dan Lanskap Game di Indonesia di Mata CEO TouchTen Anton Soeharyo.

Dari membaca beragam sumber di atas, saya memahami lanskap dalam pengertian yang lebih luas. Bicara lanskap dapat juga berarti bicara mengenai aspek-aspek lingkungan, sosial, ekonomi, bahkan gaya hidup manusia.