Fokus

Ketika ingin melakukan sesuatu dengan baik, kita perlu fokus. Fokus berarti memusatkan perhatian hanya pada hal-hal yang kita anggap penting. Tetapi menentukan mana yang penting itu tak mudah.

Ada dua faktor yang berpengaruh pada perhatian. Pertama, perhatian yang muncul dari dalam diri. Ini datang dari pengalaman dan apa yang yang kita rasakan atau emosi. Faktor kedua adalah yang muncul dari luar diri, misalnya apa yang kita serap dari indra pendengaran (suara) dan indra penglihatan (cahaya).

Ada orang yang berupaya memusatkan perhatiannya hanya pada satu hal dan mengabaikan hal lain. Fokus bagi orang semacam ini adalah apa yang ia pikirkan, bicarakan, dan lakukan hanyalah satu hal tersebut.

Ada pula orang yang punya banyak kekhawatiran, kepedulian atau perhatian pada banyak hal. Untuk orang seperti ini, ia baru dapat fokus ketika melakukan apa yang menurutnya memang perlu atau harus dilakukan.

Beberapa cara untuk membantu agar dapat fokus adalah:

Punya bayangan tentang hasil. Ada visi, tujuan, atau harapan tentang apa yang diperoleh dari apa yang dilakukan.

Membuat jadwal. Waktu yang dimiliki dikelola berdasarkan apa yang penting dan tidak penting, juga tentang mana yang mendesak dan mana yang bisa ditunda.

Lebih jauh dari itu semua, fokus berarti mencari makna, melibatkan komitmen, menyadari kekinian, dan memahami ada akibat dari semua yang dilakukan.