Buku harian

Buku harian atau jurnal pribadi adalah salah satu cara seseorang untuk merekam peristiwa-peristiwa yang ia alami. Ada orang-orang yang menulis jurnal mulai sejak kecil hingga dewasa, mereka membuat catatan tentang sejarah hidup mereka.

Tujuan lain menulis buku harian adalah pelampiasan apa yang dirasakan. Ada pula yang melakukannya untuk menyimpan gagasan kreatif. Lebih dari itu, menulis secara rutin lewat cara ini membantu Anda untuk melepaskan apa yang Anda pikirkan lewat cara aman tanpa harus diketahui oleh orang lain.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Iowa terhadap orang-orang yang menulis di jurnal pribadi mengenai stres yang mereka alami membantu mereka mengatasi kenyataan hidup yang mereka hadapi. Dalam penelitian ini juga disimpulkan bahwa fokus tentang apa yang ditulis dalam jurnal. Orang-orang yang mencatat ekspresi emosi dan proses kognitif sebagai upaya mencari pemahaman tentang kisah pribadi mereka yang traumatik memberikan manfaat lebih baik dibandingkan dengan mereka yang menuliskan ekspresi emosi negatif.

Manfaat lain bila Anda memiliki kebiasaan menulis di buku harian atau jurnal pribadi adalah Anda jadi mengenali perilaku-perilaku Anda. Dengan begitu, Anda tahu dan lebih peka terhadap sebab atau akibat dari tindakan Anda.